5 Cara Riset Keyword Untuk Menghasilkan Konten Terbaik

Cara Riset Keyword
5 Cara Riset Keyword Untuk Menghasilkan Konten Terbaik

Dalam dunia blogging, istilah “Content is King” sudah sering digaungkan oleh para blogger baik dari dalam atau luar negeri. Akan tetapi tanpa pemahaman yang baik tentang bagaimana mencapai audiens Anda, konten terbaik sekalipun mungkin tidak akan pernah ditemukan dari hasil penelusuran mesin pencari. Itulah mengapa cara riset keyword menjadi sangat penting bagi semua blogger untuk dimatangkan terlebih dahulu.

Dengan memahami bagaimana cara melakukan riset keyword dengan efektif, Anda dapat meningkatkan kemungkinan artikel blog Anda tampil di mesin pencari dan menjangkau audiens yang ingin ditargetkan. Dalam postingan ini, tim Giga Fox Mediatek akan menjabarkan 7 langkah praktis yang dapat Anda ikuti untuk melakukan riset keyword demi konten berkualitas untuk blog Anda:

1. Tentukan Tujuan Konten Anda

Cara Riset Keyword

Menentukan tujuan mengapa sebuah konten diproduksi merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses riset kata kunci. Menetapkan tujuan konten akan sangan membantu dalam mengarahkan dan memastikan bahwa konten yang Anda hasilkan memiliki fokus yang jelas dan relevan. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus perhatikan agar konten Anda tetap terarah pada tujual awal pembuatannya:

  • Identifikasi Tujuan Bisnis Anda Secara Keseluruhan
    Sebelum Anda mulai menetapkan tujuan konten spesifik, pertimbangkan tujuan bisnis Anda secara keseluruhan. Apakah Anda mencoba meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, atau memberikan informasi kepada pembaca? Pemahaman yang jelas tentang tujuan bisnis Anda akan membantu Anda menyesuaikan tujuan konten Anda sehingga mendukung strategi bisnis secara keseluruhan.
  • Tentukan Target Pembuatan Konten Secara Lebih Spesifik
    Setelah tujuan bisnis secara keseluruhan sudah ditetapkan, langkah berikutnya adalah menentukan tujuan yang lebih spesifik untuk konten individual yang Anda buat. Apakah Anda mencoba untuk menyajikan informasi kepada pembaca tentang topik tertentu, mempromosikan produk atau jasa tertentu, atau membangun koneksi dengan audiens Anda? Jelaskan dengan sejelas-jelasnya apa yang Anda ingin capai pada setiap konten secara terpisah.
  • Kenali Target Audiens Anda
    Saat menetapkan goals dari sebuah konten, penting untuk mempertimbangkan audiens mana yang ingin Anda targetkan, apa yang mereka cari, serta siapa yang sedang Anda coba capai? Memahami kebutuhan, keinginan, dan masalah audiens akan membantu dalam penulisan konten sehingga lebih relevan dan efektif.

  • Tetapkan KPI (Key Performance Indicators)
    Pastikan setiap konten dapat diukur dan dievaluasi dengan nilai dan angka KPI yang jelas. Misalnya, jika tujuan “Konten A” adalah untuk meningkatkan Brand Awareness, maka KPI akan lebih banyak berfokus pada jumlah tayangan, retensi waktu pembaca, atau jumlah interaksi (comment, share, dan likes). Jika Anda mencoba meningkatkan penjualan, KPI Anda mungkin berfokus pada jumlah klik ke halaman produk atau tingkat konversi.

  • Lakukan Evaluasi dan Terus Sempurnakan Konten Anda
    Terakhir, evaluasi serta sempurnakan konten secara berkala mengikuti perkembangan dalam industri atau pasar Anda, dan selalu pastikan bahwa konten Anda terus relevan dari waktu ke waktu.

2. Gunakan Keyword Research Tools

Keyword Research Tools

Penggunaan alat-alat riset keyword membantu Anda mendapatkan wawasan yang mendalam tentang kata kunci yang relevan dan berpotensi tinggi untuk digunakan dalam konten Anda. Hal yang perlu diperhatikan terkait pemilihan dan cara menggunakan alat riset keyword dengan tepat:

  • Pilih Alat Riset Keyword yang Sesuai
    Ada berbagai alat riset keyword yang tersedia secara online, mulai dari gratis hingga berbayar. Beberapa tools riset keyword yang sering digunakan oleh para blogger profesional antara lain Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, Ubersuggest, dan Moz Keyword Explorer. Setiap tool pendukung memiliki fitur uniknya sendiri, jangan lupa untuk melakukan sedikit riset terkait tools mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.
  • Pastikan Untuk Selalu Memulai dengan Topik Utama
    Sebelum Anda memasukkan kata kunci ke dalam alat riset keyword, pikirkan ide atau topik utama yang ingin Anda tuliskan menjadi sebuah konten. Ide ini dapat berupa produk atau jasa, industri, atau masalah yang relevan dengan yang sekirangan dihadapi oleh target pembaca. Menentukan ide utama akan membantu Anda memfokuskan riset keyword agar tidak melebar ke hal-hal lain yang kurang penting.
  • Masukkan Kata Kunci Utama
    Gunakan keyword research tool untuk memasukkan kata kunci utama dari topik yang telah ditentukan sebelumnya. Alat ini akan membantu dalam memberikan informasi tentang volume pencarian bulanan, tingkat persaingan, serta saran kata kunci apa saja yang masih relevan. Perhatikan juga tren pencarian dan variasi kata kunci yang mungkin relevan dengan topik Anda.
  • Analisis Volume (Pencarian dan Persaingan)
    Setelah mendapatkan hasil dari alat riset keyword, waktunya untuk melakukan analisa terhadap volume pencarian dan tingkat persaingan untuk setiap kata kunci. Pilih kata kunci yang memiliki volume pencarian perbulan yang cukup tinggi namun kompetisi rendah. Maksimalkan longtail keyword agar setiap artikel yang diproduksi mengandung lebih banyak kata kunci yang dapat terlacak oleh algoritma Search Engine.

3. Pemilihan Kata Kunci

Pemilihan keyword yang tepat merupakan hal yang paling krusial pada postingan pertama dalam blog/ website baru. Konten tentang cara riset keyword ini sendiri ditujukan untuk memastikan bahwa kata kunci yang Anda pilih sesuai dengan konten yang akan dibuat dan juga memiliki potensi untuk menarik pengguna yang relevan. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang cara memilih keyword yang relevan dan spesifik:

  • Fokus Konten
    Sebelum memilih keyword untuk di bidik, tentukan terlebih dahulu fokus konten Anda. Apakah itu tentang tutorial, ulasan produk, panduan, atau berita terbaru ? Memahami topik konten akan membantu Anda memilih keyword yang paling sesuai.
  • Relevansi Konten vs Kata Kunci
    Pilih keyword yang benar-benar relevan dengan topik konten. Pastikan bahwa keyword tersebut secara langsung terkait dengan informasi atau layanan yang akan Anda sampaikan kepada pembaca. Keyword yang relevan akan membantu meningkatkan kepuasan pembaca dan membantu mesin pencari memahami konten Anda.
  • Prioritaskan Longtail Keyword
    Lonftail keyword cenderung memiliki persaingan yang lebih rendah dan menargetkan audiens yang lebih spesifik. Misalnya, alih-alih menggunakan kata kunci “sepatu,” akan lebih disarankan untuk menargetkan kata kunci “sepatu olahraga Nike ukuran 8.”
  • Perhatikan Tujuan dan Niat Pengguna
    Saat memilih keyword, pertimbangkan juga tujuan dan niat pengguna yang mungkin berada di balik pencarian mereka. Apakah mereka mencari informasi, mencari produk atau layanan tertentu, atau mencari solusi untuk masalah tertentu? Memahami niat pengguna akan membantu Anda memilih keyword yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

4. Cara Riset Keyword Melalui Kompetitor

Analisa kompetitor adalah strategi penting pada topik tentang cara riset keyword kali ini. Memahami kompetitor akan memberikan pemahaman tentang strategi yang telah terbukti berhasil digunakan oleh para pesaing Anda, salah satunya terkait penggunaan kata kunci. Dengan memahami strategi kata kunci penggunaannya terhadap konten mereka, Anda dapat memetakan peluang untuk tampil di halaman awal mesin pencari pada konten website Anda sendiri. 5 hal penting yang perlu dilakukan untuk menganalisa kompetitor:

  • Identifikasi Kompetitor Utama
    Tentukan siapa yang menjadi kompetitor utama website atau blog Anda. Pesaing utama biasanya mereka yang memiliki niche / topik yang sama dengan website yang sedang kita “bangun”. Untuk memudahkan identifikasi kompetitor, Anda dapat tools pendukung seperti SEMrush atau Ahrefs.
  • Extract” Kata Kunci yang Digunakan Kompetitor
    Analisa setiap kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda pada setiap postingan website / blog mereka. Cari tahu kata kunci utama serta longtail keyword. Pelajari pola penggunaan kata kunci pada postingan yang posisinya menduduki posisi tertinggi di SERP serta analisa teknik permainan meta deskripsi.
  • Analisa Performa Konten
    Performa konten yang dimaksud disini tidak sebatas peringkat di mesin pencari, jumlah backlink, interaksi sosial, dan jumlah komentar atau ulasan. Analisis performa konten dapat memberikan wawasan tentang jenis konten yang berhasil untuk mereka dan juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan konten Anda sendiri.
  • Perhatikan Ide dan Topik Konten Kompetitor
    Selain kata kunci, perhatikan juga ide dan topik konten yang digunakan oleh para pesaing. Pelajari beberapa topik yang paling populer dan perhatikan bagaimana para pesaing mengemas konten mereka.
  • Lakukan Perbandingan dengan Strategi Anda
    Setelah Anda mengumpulkan cukup informasi terkait kata kunci, performa dan ide konten kompetitor, bandingkan dengan strategi keyword dan konten Anda sendiri. Sesuaikan konten berdasarkan hasil temuan Anda pada website / blog para kompetitor.
  • Terus Pantau dan Sesuaikan
    Perlu diketahui bahwa analisa kompetitor adalah proses yang berkelanjutan, jadi pastikan untuk terus memantau strategi keyword dan konten kompetitor secara berkala. Perubahan dalam strategi atau performa mereka dapat memberikan “insight” baru dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan strategi Anda sendiri agar dapat tetap memiliki daya saing.

5. Perhatikan Google Trend

cara riset keyword

Memantau pergerakan keywords pada Google Trends merupakan langkah penting dan salah satu cara riset keyword terbaik karena dapat membantu dalam memahami tren pencarian terkini. Dengan memanfaatkan Google Trends, Kita dapat menemukan kata kunci yang sedang populer bahkan dapat digunakan untuk memprediksi tren kata kunci di masa depan. Anda dapat mengakses Google Trends pada link berikut: https://trends.google.com.

Penutup

Dengan mengikuti 5 langkah mengenai cara riset keyword di atas, Anda dapat melakukan riset keyword yang efektif untuk konten blog dan website Anda. Pelu diperhatikan bahwa optimasi SEO bukanlah “pekerjaan semalam“, dibutuhkan konsistensi dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika Anda membutuhkan konsultasi tambahan terkait cara riset keyword, jasa digital marketing, dan jasa pembuatan website, silahkan untuk menghubungi representatif kami yang tersedia pada halaman kontak.

Mulai Langkah Awal

Diskusikan kebutuhan digital bisnis Anda dengan tim spesialis kami. Dapatkan konsultasi gratis untuk membahas konsep, fitur, dan strategi digital lainnya!

Jadwalkan Konsultasi

Konsultasikan kebutuhan website dan digital marketing Anda. Chat admin online!